Bahaya snack untuk kesehatan BUAH HATI

22:21:00

 source: http://blogs.ubc.ca/margaretelle/files/2015/03/snacks.jpg

Snack ... ya snack !
snack adlah makan ringan yang mana setiap followersnya selalu ketagihan untuk mengunyahnya. hi
bunda pasti tau dong dengan makanan-makanan ringan ini. makanan ringan ini sangat lezat dan membuat ketagihan, ternyata di balik kelezatannya snack juga mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi bunda dan buah hati bunda. 

kenapa berbahaya...?
makanan ringan maupun makanan cepat saji kebanyakan mengandung jumlah kalori yang terlalu berlebihan. Selain itu, makanan ringan atau snack ini juga mengandung banyak zat aditif pada makanan seperti pengawet, pewarna buatan, pemanis buatan, karbohidrat, minyak trans, garam maupun sodium. Dari berbagai komponen dari makanan ringan yang sudah disebutkan tersebut hampir semua di antaranya tidak memberikan dampak positif ataupun gizi pada tubuh, melainkan hanya meninggalkan berbagai efek yang negatif pada kesehatan kita. 

Karena makanan ringan biasanya banyak mengandung bahan yang berbahaya seperi :
  
1. Monosodium glutamat (MSG)
Monosodium glutamat (MSG) atau yang lebih sering dikenal vetsin berguna untuk memberikan rasa gurih pada makanan. Bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan: 
  1. Dapat mengakibatkan penyakit Asma
  2. Mengalami sakit kepala
  3. Menurunkan daya ingat
  4. Kesulitan untuk tidur
  5. Merasa ketagihan
  6. Dan kemungkinan terburuk adalah menyebabkan penyakit kanker
 2. Pewarna makanan
Pewarna makanan merupakan salah satu bahan yang harus selalu ada di setiap makanan ringan. karena dengan bahan tersebut dapat menarik anak-anak maupun orang yang melihatnya. 
Namun di balik itu terdapat efek buruk yang dapat mengancam kesehatan seperti:

  1. Mengganggu fungsi hati
  2. Menimbulan iritasi pada kulit
  3. Termasuk kedalam kasinogenik sehingga dapat memicu terjadinya penyakit kanker.

  3. Natrium Benzoat dan Kalium Benzoat
Kedua bahan di atas berfungsi untuk mengawetkan makanan. Bahaya dari Natrium Benzoat dan Kalium Benzoat dapat menyebabkan:
  1. Kerusakan tiroid
  2. Memicu terjadinya kanker
makanan  ringan seperti snack banyak mengandung karbohidrat dalam jumlah yang berlebihan. Makanan yang mengandung karbohidrat sendiri di dalam tubuh akan diubah menjadi gula. Sehingga, jika karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang banyak, maka level gula dalam darah pun akan meningkat. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan jenis diabetes tipe 2 dan resistensi insulin.


source: http://obatobesitas.com/wp-content/uploads/2012/08/balita-obes1.jpg
dan juga dapat merusak gigi buah hati bunda Banyaknya kandungan gula yang terdapat di dalam makanan ringan bisa mengakibatkan rusaknya gigi. Karbohidrat dan gula dari makanan ringan yang tertinggal di dalam mulut menjadi tempat bersarangnya bakteri-bakteri. Bakteri-bakteri tersebut lalu bisa memproduksi asam yang selanjutnya dapat mengikis enamel gigi, dan merusak gigi kita secara keseluruhan. 

  source: https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2016/07/masalah-gigi-anak.jpg

Bunda sudah tau kan bahaya makan makanan ringan berlebihan, jadi jangan biarkan buah hati buanda mengkonsumsi snack secara berlebihan.

Semoga bermanfaat :)
Terimakasih telah mengunjungi blogku.

You Might Also Like

0 comments